Top Social

5 Faktor Daya Tarik Kota Bandung | Rara Febtarina

Monday, October 1, 2018

Febtarinar.com - "Dan Bandung bagiku bukan cuma masalah geografis, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan yang bersamaku ketika sunyi" - Pidi Baiq, quote ini selalu bisa mewakili kecintaan aku terhadap kota Bandung. Aku lahir disini, besar disini nah kalau menua gatau nih dimana (kan belum tua, gak tau sampai gak tau enggak nih umurnya hehehe). Disini mana suaranya yang cinta juga sama kota Bandung? Apa coba yang kalian suka dari Bandung? Wah jangan-jangan sama nih. Btw, sebelum dimulai aku mau kasih tau ya kalau post kali ini adalah hasil kolaborasi aku dengan teman-teman dari Bandung Hijab Blogger, buat teman-teman yang mau tambah kreatif bisa ikutan komunitasnya langsung aja melipir ke Instagram Official mereka ya.

Bandung terkenal sama kulinernya, setuju? Mulai dari cilok, cilor, bacil, cireng, basreng, kupat tahu, nasi merah, karedok, combro, bala-bala, baso, lomie Sarirasa, lomie Lombok, Lomie Imam Bonjol, cuanki Serayu, Nasi Kalong, mih kocok Dadeng, ayo apa lagi? Gak akan pernah ada habisnya ngomongin Bandung, orang-orangnya pada kreatif dan selalu menghadirkan inovasi-inovasi terbaru yang sangat layak untuk ditunggu. Kalian bakalan beda ngerasain seblak Bandung sama seblak yang dibuat di kota lain kalau emang lidah kalian lidah Bandung ya. Soal kuliner mah pokoknya Bandung Juara deh!. Aku punya 10 makanan wajib yang mesti kamu cobain kalau ke Bandung :

  • Lomie Sarirasa 
  • Cuanki Serayu
  • Ceker Midun (semua enak asal pedas)
  • RM Legoh (Ayam/Bebek Bumbu Rica)
  • Oseng Mercon (
  • Bebek Ali
  • Mie Kocok Jl. Tamim
  • Si Jeletot (Sambelnya nampol)
  • Sate Maranggi Cipageran (ini di Cimahi)
  • Iga Bakar Si Jangkung

2. Tempat Wisata



febtarinar - rara febtarina - fashion blogger - baksil
Nu Art Sculpture Park
Read More : Museum Biofarma Bandung

Bandung sekarang makin terkenal dengan banyak tempat wisata di segala penjuru wilayah, mulai dari Ciwidey sampai Lembang. Mau tempat wisata yang kayak gimana sih pasti ada di Bandung. Mulai dari cafe, situ, kebun teh, playground, kolam renang, museum, hotel, taman, mall, dan masih banyak lagi. Enggak cuma ngasih hiburan semata tapi di Bandung kalian bisa ajak keluarga untuk wisata edukasi. Aku punya 10 rekomendasi tempat wisata yang wajib kalian kunjungi :


  • Kawah Putih Ciwidey 
  • Dusun Bambu (andalan untuk feed instagramku)
  • Jalan Braga
  • Babakan Siliwangi (pertama kali di buka aku udah foto disini dan belum hits waktu itu, kalau foto disini ayo deh barengan, soalnya enak banget buat tone fotonya)
  • Sunrise Point Cukul
  • Nu Art Sculpture Park (anak monochrome wajib kesini)
  • Green Forest
  • Kawasan Wisata Ciumbuleuit 
  • Floating Market
  • Farm House

3. Spot Instagramable 

Untuk teman-teman penyuka instagram, aku mau sharing spot instagramable versi aku. Ada beberapa teman-teman yang suka bertanya, "Ra fotonya dimana?", ini karena aku jarang banget buat tag tempatnya dimana kecuali memang mengharuskan tag tempat, so here we go :

Read More : Hits! Dago Bakery Bandung

  • Cafe Sydwic : cafe ini sering dipakai spot foto untuk para selebgram yang menerima endorsment, tempatnya cukup minimalis dan kekinian, matahari disini cukup terang usahakan untuk datang tidak di jam siang hari jika berniat untuk foto disini.




  • Gor Saparua : Aku sendiri memang suka banget sama warna-warna monochrome, jadi pilihan aku selalu tempat yang minimalis, datanglah pagi-pagi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.



  • Rabbit Town : tempat ini terletak di kawasan Ciumbuleit dan mengklaim sebagai tempat wisata selfie (generasi millennial ini doyan banget selfie ya)





Read More : Rabbit Town Bareng Doi (Mumpung Balik Indo)


4. Pusat Perbelanjaan



Daya tarik Bandung tidak hanya berhenti sampai disitu, banyak wisatawan datang ke Bandung hanya untuk berbelanja. Pasar Baru menjadi salah satu tempat yang amat sangat di gemari oleh wisatawan luar negeri (lah yang domestik udah tentu hahaha). Menurut sumber yang aku dapatkan banyak wisatawan dari Singapura dan Malaysia sengaja datang ke Bandung pergi ke Pasar Baru untuk mencair kain dan kerudung. 



Ada pula pasar tradisional yang sering disebut 'cimol'. Letaknya ada di Gede Bage (teman-teman yang belum tau bisa Google Maps), disini kalian bisa menemukan baju-baju bekas milik brand ternama, barangnya pun beragam dari mulai jaket, sweater, tas, topi, kaos, dress, sepatu dan celana. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.



Bandung juga memiliki mall sebagai daya tarik, banyak wisatawan datang ke Bandung untuk menghabiskan waktunya di mall seperti Paris Van Java (PVJ), 23 Paskal, Ciwalk, BIP, IP, dan TSM. Di mall-mall seperti ini juga seringkali di adakan event-event atau diskon-diskon yang menggiurkan. Kita bisa ambil moment menjelang Lebaran atau Tahun Baru, biasanya mall-mall ini akan mengadakan midnight sale atau buy 1 get 1. Moment 17 Agustus juga biasanya ada flash sale atau diskon yang bikin kita pengen nabung terus.

5. Anak Muda Bandung

Sudah bukan rahasia lagi kalau anak muda Bandung ini kreatif. Banyak kreasi anak Bandung yang bisa dibanggakan, seperti seorang Rex Marindo pendiri UPNORMAL yang cabangnya banyak sekali terhampar di seluruh Indonesia. Nanath Nadia seorang MUA dari Buah Batu Bandung yang tangannya sudah membuat banyak keajaiban di pernikahan banyak wanita. 

Bandung juga terkenal banyak sekali komunitas-komunitas yang mendukung anak mudanya demi mengasah kreativitas, seperti komunitas Aleut, Kelas Inspirasi, Forum Backpacker Indonesia dan Bandung Hijab Blogger.

Khususnya untuk teman-teman yang menyukai dunia blogging, bisa ikut masuk ke dalam komunitas Bandung Hijab Blogger. Disana kalian akan mendapatkan pengetahuan tentang blogging, link pertemanan, diajak meningkat kreativitas dengan program "collaboration post" dan masih banyak lagi. Untuk teman-teman yang mau mendaftar bisa langsung cek instagram official di @bandunghijabblogger dan isi form di bio instagramnya ya.

Itu dia 5 hal yang bikin kamu selalu pengen datang, tinggal, menetap dan susah moveon dari Bandung, cek juga ya postingan temanku namanya Firda yang menceritan tentang hal-hal yang dia suka dari Bandung disini.


See you on my next post, Bandungers! Thank You!
Instagram : @febtarinar | YouTube : Rara Febtarina

Xoxo,

15 comments on "5 Faktor Daya Tarik Kota Bandung | Rara Febtarina"
  1. Bandung sudah banyak berubah, 7 tahun meninggalkan Kota Bandung pas balik berasa jadi orang asing, banyak yang enggak dikenali lagi, banyak yang baru.
    Kebayang kalau ninggalin sampe puluhan tahun, jadi turis kayaknya kalau ke sini

    ReplyDelete
  2. Aku setuju banget sama kelima limanyaaaa paraaaah apalagi kulinernya yak, btw saya sudah diakui jadi warga bandung yang kreatif ya Bu? Hahahahahahaha

    ReplyDelete
  3. Setuju teh banyak spot instagramable, salah satunya aku dibikin penasaran banget sama Nu Art Sculpture Park hihihi

    ReplyDelete
  4. Aku pun lahir di Kota Bandung, dan buat aku Bandung udah jadi bagian dari hidup banget hehehe maafkan lebay tapi emang udah tanggung cinta sama kota ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Firda! Bandung memang bisa bikin jatuh cinta sebegitunya yes

      Delete
  5. Ceker midun enak pisan atulah.. pas buat yang suka pedess. Btw aku sering lewa sate maranggi di Cipageran tapi belum pernah nyoba :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Teh Afifah! enak pisan ya asal pesennya yang paling pedes wah di jamin..... pengen es jeruk deh, minimal 2 gelas mah hahaha

      Delete
  6. Kuliner bandung emang juara juara... banyaaaaak bgt yg enak enak bertebaran dimana mana

    ReplyDelete
  7. Pantes fotonya kece2. Ternyata punya banyak referensi tempat oke nih. Tq sharingnya teh..

    ReplyDelete
  8. waahh cuanki serayu, mie kocok jl tamim, sama satu lagi mie baso akung, eenaaakk *dan tiba-tiba aku laperrrr

    ReplyDelete
  9. Iya Bandung emang secinta itu aku sama semua yg ada di dalamnya­čśŹ

    ReplyDelete
  10. Orang2 kreatif Bandung emang gak ada matinyaa, terusss berinovasi...

    ReplyDelete
  11. Sydwic tempat ngopi favorit, yang belum pernah aku penasaran sama rabbit town.. tapi karna anaknya ogah rugi jadi gini nih hehehe katanya per spot ber bayar yah? hmmm emak emak jadi mikir 2x deh

    ReplyDelete
  12. Pasar baru tempat belanja favorit, murce murce semua ada :)

    ReplyDelete

Auto Post Signature