Top Social

Solusi Sakit Maag Bagi Penikmat Kopi | Rara Febtarina

Thursday, October 4, 2018
solusi sakit maag - febtarinar.com - lifestyle blogger - beauty blogger

Solusi sakit maag bagi penikmat kopi - Dulu aku penikmat kopi bersama kawan-kawanku di sudut kedai di Kota Bandung, tapi semua kebiasaan itu hilang saat maag akut menyerangku. Sempat aku kebingungan mencari solusi sakit maag terbaik, aku tidak bisa berjumpa dengan satu tegukan kopi jika maag ini masih menggangguku. Dahulu tepatnya ketika aku duduk di bangku SMA maag ini bisa membuat ulu hatiku sangat sakit bahkan membuat aku tidak bisa berdiri, durasi terlama yang pernah aku alami sekitar 8 jam menahan sakit maag, asam lambung yang naik, dan mual berkepanjangan. Bagaimana aku bisa lolos dari peyakit maag ini? Tulisan ini aku dedikasikan untuk teman-teman yang sedang berjuang mencari solusi sakit maag sepertiku.

solusi sakit maag - febtarinar.com - lifestyle blogger - beauty blogger


Duduk di bangku SMA kelas 3 membuatku mendapat tekanan dari berbagai sudut, pulang sekolah aku tidak langsung ke rumah, aku pergi ke tempat les dengan persiapan membawa baju ganti dan setiap hari pulang ke rumah jam 9 malam, ini semua demi mimpi untuk masuk universitas negeri di Indonesia dan keinginan membahagiakan orang tuaku. Rasa stress yang begitu tinggi membuat aku lupa makan dan menemukan secangkir kopi sebagai relaksasi, ternyata aku jatuh cinta kepada kopi dan larut di dalamnya. Kebiasaan ini dimulai sampai akhirnya tragedi ulu hati nyeri 8 jam itu terjadi, lalu apa yang aku lakukan untuk mencari solusi sakit maag ini?, ayo teman-teman siapa yang sedang melakukan pencarian solusi sakit maag juga?.

Teman-teman bisa bayangkan itu baru aku yang jadi anak SMA pada saat itu, apa kabar dengan para barista profesional yang notabene harus melakukan kalibrasi mencicipi kopi puluhan gelas setiap harinya? Apa kabar dengan bisnis kopi yang sedang menjadi trend lifestyle di zaman sekarang jika banyak barista dan masyarakatnya banyak yang terkena penyakit maag

Apa sih sebenarnya penyebab penyakit maag?
  • Infeksi bakteri Helicobacter pylori,
  • stress,
  • pola makan tidak teratur,
  • mengkonsumsi makanan pedas, berlemak, dan berminyak,
  • terlalu banyak mengkonsumsi kafein, soda, dan alkohol,
  • dan masih banyak lagi.


Bicara soal kafein sebagai salah satu penyebab penyakit maag, ternyata memang benar jika terlalu banyak mengkonsumsi kafein bisa memicu asam lambung dan beresiko bagi seseorang yang memiliki penyakit maag (kalau sudah sakit harus mencari solusi sakit maag). Di era millennial seperti ini penyakit maag lebih sering di temukan bahkan pada usia produktif antara 20-30 tahun karena mereka lebih sering mengkonsumsi kopi, minum banyak kopi harus diimbangi dengan menemukan solusi sakit maag. Kopi sekarang telah menjadi lifestyle dan kebiasaan bagi seseorang yang dapat memberikan semangat juga inspirasi hanya saja tidak bisa dinikmati oleh semua orang. 

solusi sakit maag - febtarinar.com - lifestyle blogger - beauty blogger
instagram.com/muhammadaga

Mewakili generasi millennial yang mendulang prestasi sebagai 1st Winner Barista di ajang bergengsi Indonesia Barista Championship (IBC) 2018, Muhammad Aga berbagi ilmu, pengalaman dan tips bagaimana menikmati hari sehingga dapat terus produktif menyeduh kopi untuk cangkir-cangkir 'kehidupan' penikmat kopi.


solusi sakit maag - febtarinar.com - lifestyle blogger - beauty blogger


Kopi tidak hanya membawa Aga menoreh prestasi di IBC 2018 tapi juga mengharumkan nama Indonesia di Kancah Internasional dengan mengikuti World Barista Championship 2018 di Amsterdam pada 20-23 Juni 2018 lalu. Berawal dari 'kepepet' kini Aga menjadi seorang barista profesional yang sudah membuka kedai kopi bernama Coffee Smith Jakarta. Sebagai seseorang dibalik nikmatnya secangkir kopi, setiap pagi Aga harus melakukan kalibrasi mesin kopi sebelum kedai kopi dibuka. Profesi sebagai barista sangat rawan terkena penyakit maag apabila tidak diimbangi dengan sarapan pagi terlebih dahulu. Apa sih gejala dari penyakit maag? Yuk intip poin-poin di bawah ini :
  • rasa panas pada bagian perut atas,
  • cepat merasa kenyang ketika makan dan rasa kenyang berkepanjangan setelah makan,
  • kembung pada perut bagian atas,
  • mual,
  • refluks (kembalinya makanan atau cairan dari lambung ke kerongkongan),
  • sering bersendawa,
  • muntah,
  • tidak bisa duduk atau berdiri (pengalaman pribadi jika sudah kronis),
  • nyeri ulu hati atau rasa panas dan nyeri di tengah dada.


solusi sakit maag - febtarinar.com - lifestyle blogger - beauty blogger


Minum kopi  memicu produksi asam lambung. Oleh karena itu, minum kopi tanpa di dahului dengan sarapan pagi alias perut kosong akan berdampak fatal, diawali dengan meningkatnya asam lambung, mulas, gangguan pencernaan sepanjang hari, asam dari lambung naik ke kerongkongan, lalu panas bagian dada atau tenggorokan ini dinamakan kondisi heartburn. Tenang, ini bukan berarti penderita maag tidak bisa meminum kopi, melainkan kita wajib memilih kopi dan meminum obat maag. Aga sendiri memberikan solusi sakit maag yang bisa diterapkan untuk para pecinta kopi :
  • Tidak meminum kopi saat perut kosong. Seperti yang sudah diingatkan bahwa kafein yang terdapat pada kopi memicu asam lambung. Biasakanlah untuk selalu sarapan sebelum mulai beraktivtias dan meminum kopi.
  • Minum dengan dekafin. Kita bisa request ke barista untuk meminta dekafin atau kopi yang memiliki kadar kafein yang rendah.
  • Jangan meminum kopi saat mau tidur. Mengapa demikian? Karena kandungan kafein pada kopi justru akan memompa jantung kita lebih kencang sehingga membuat jantung kita berdebar-debar
  • Minumlah promag cair karena promag ahlinya lambung

Kenapa Harus Promag?

Promag memiliki kandungan HYDROTALCIDE. HYDROTALCIDE adalah senyawa kompleks yang mengandung alumunium dan magnesium, hydrotalcide bekerja untuk melindungi lambung lebih lama. Kombinasi keduanya merupakan antasida yang bekerja untuk mentralkan asam lambung sehingga meringankan gejala dispepsia seperti nyeri ulu hati dan mual akibat iritasi oleh asam lambung dan pepsin.
source : ahlinyalambung.com

Pencarian solusi sakit maag terbaikku jatuh kepada promag cair, dulu aku biasa bawa kemana-mana promag tablet namun semenjak ada yang bentuk seperti ini aku jadi pindah ke promag cair,  promag ini memang ahlinya lambung sudah kubuktikan, halal, affordable, dan mudah ditemukan dimana-mana. 



solusi sakit maag - febtarinar.com - lifestyle blogger - beauty blogger


Sekarang dimulai dengan sarapan pagi, seduhan kopi menjadi teman baik setiap hari. Aku sudah tidak takut maag kambuh karena sedia promag cair di kantong. Aku sekarang bisa terus aktif dan produktif menjalani kegiatan sambil ngopi cantik bareng kawan-kawan tanpa harus nyeri di ulu hati lagi. 



solusi sakit maag - febtarinar.com - lifestyle blogger - beauty blogger

solusi sakit maag - febtarinar.com - lifestyle blogger - beauty blogger

solusi sakit maag - febtarinar.com - lifestyle blogger - beauty blogger



solusi sakit maag - febtarinar.com - lifestyle blogger - beauty blogger


Keseruan mencari solusi sakit maag ini aku dapatkan di acara #NikmatiHarimu #CeritaDiBalikBarista bersama Promag, acara ini memberi aku ilmu baru fresh dari sang barista profesional tentang kopi, cara membuat kopi dan mencari biji kopi yang baik bagi seseorang yang memiliki sakit maag sampai cara penyimpanan. Aku sudah tidak takut lagi minum kopi karena aku selalu mengantongi sang ahlinya lambung, "promag obatnya" (jangan sambil nyanyi ya).
32 comments on "Solusi Sakit Maag Bagi Penikmat Kopi | Rara Febtarina"
  1. oh kenyang berkepanjangan itu gejala maag ya teh? wah aku baru tau huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Teh Helga! iya ternyata kenyang berkepanjangan bisa jadi salah satunya juga, makasih udah main-main ke blog aku ya :)

      Delete
  2. Promag ini memang salah satu obat maag legendaris. Sejak saya kecil dulu alm Bapak sudah cukup akrab dengan promag.

    ReplyDelete
  3. Seru ya kalo ngopi sama mas Aga, maagh nya ngga kambuh lagi eaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Teh Sandra! hahahha obatnya di mas Aga ya bukan di promagnya

      Delete
  4. Kalau maag udah kambuh tuh ga enak banget rasanya ya teh, pernah kena maag kronis sampe demam dan muntah2. Dari situ aku menghindari makan makanan asam, pedas, dan juga kopi. Hiks

    Tapi setelah baca ini jadi pengen ngopi lagi tanpa takut maag kambuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Teh Afifah! iya dulu aku juga gitu cuma aku mah bandel sih tetep ngebaso sing lada teh hahaha

      Delete
  5. Wah bener banget nih promag juga jadi andalan aku kalo mag kambuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Fira! iya kan sama ini jadi andalanku juga :)

      Delete
  6. Dekafein. Baru tau teh. Aku kalo asam lambung naik, beneran gabisa jalan nyeri banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Teh Grandys! iya aku juga baru tau nih pas di acara ini

      Delete
  7. Sama. Lambungku sensitif banget. Bahkan makan pempek aja langsung sakit berhari2. Sampai skg belum berani makan minum yg berpotensi maag jadinya hha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Teh Anisa! Wah makan pempek juga teh? padahal itu enak apalagi kapal selamnya

      Delete
  8. Ak pertama ngerasain maag itu pas hamil kenzo. Rasanya sakit n ga enak banget. Setelah lahiran pun jd lebih sensitif. Telat makan dikit langsung kambuh. Selama ini ak hanya coba 1 obat maag, yaitu promag 😁andalan banget pokonya. kali traveling juga slalu bawa promag.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Teh Revi! wah hamil kaken sakit maag? wah keren banget promag emang solusi sakit maag sih

      Delete
  9. Duh jadi kangen ngopi deh hehe

    ReplyDelete
  10. Pola makan tidak teratur juga bisa bikin maag ternyata. Karena akupun juga pernah, padahal asa makan terus :") thk u for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ica! iya makan yang teratur ya ca, biar sehat dan bisa balik bandung yes

      Delete
  11. Maag saya kambuhnya krn stres & telat makan :( kalo kopi mah engga, baik2 aja. Tiap kambuh, emang minum promag. Pegangan banget lah promag ini.

    ReplyDelete
  12. Waduh perjuangan Teh Rara luar biasa ya...plg ke rmh jam 9 malam..
    Tp keren lah terbiasa kerja keras jadinya. Tapi memang hrs jg tubuh jg sih..ga kebayang 8 jam sakit ulu hati...itu pasti.sampai nangis2 ya...sehat terus ya teh :)

    ReplyDelete
  13. Saya punya sakit maag. Penikmat kopi juga. Minum kopi sering bikin maag kambuh. Tapi saya menyikapinya dengan minum kopi yang ringan aja. Kopi susu atau latte gitu. Tapi tetep, itu pun kadang bikin maag kambuh. Alhamdulillahnya, saya sosok sama Promag yang biasa. Minum kopi jadi gak masalah deh.

    ReplyDelete
  14. Kalau udah kena maag, aku juga sampe gak bisa berdiri, Teh. Hiks.

    ReplyDelete
  15. Pantesan ajaaaaa... Aku sering banget minum kopi pas perut masih kosong :(
    Makasih teh. Tulisannya bermanfaat banget buat saya :)

    ReplyDelete
  16. Meski suka sakit maag bisa tetap minum kopi ya

    ReplyDelete
  17. Saya paling gak kuat minum kopi langsung kena lambung deh..gejala maag ya, tapi kalau engga minum kopi sih ga pernah kerasa maag nya :)

    ReplyDelete
  18. Aku anak kopi dan anak lambung! Kalau blm makan pasti kerasa banget sakit maag nya. Baru tau obat ini bisa juga untuk ngopi gini hehe gonna try it!

    ReplyDelete
  19. Supaya lambung aman, minum kopi setelah makan. Katanya, sebaiknya minum kopi pukul 10.00-11.00 an :)

    ReplyDelete
  20. wahh seru banget kak acaranya..semoga lambung ttp aman yaa sebelum ngopi perut harus keiisi

    ReplyDelete
  21. Serem juga ya ra, pernah sakit ulu hati sampe 8 jam gitu. Semoga itu yang terakhir kalinya ya, ga terjadi lagi.

    ReplyDelete
  22. Aku penikmat kopi, kalo maag kambuh bukan karena kopi, tapi karena banyak pikiran..
    Tapi always sedia promag cair biar bisa dibawa kmana mana

    ReplyDelete
  23. Memang kalau sakit maag kuncinya makan dulu sebelum minum kopi :)

    ReplyDelete

Auto Post Signature