Top Social

Why I Started Blogging | Rara Febtarina

Saturday, October 27, 2018


Why I Started Blogging - Awal mula aku terjun ke dunia blogging sebenarnya karena aku suka menulis, waktu SD aku rajin nulis diary dan lama-lama ingin mencoba ke platform lainnya sampai akhirnya menemukan Blog. Tahun 2011, blog itu aku jadikan tempat curhat masa remaja, kadang menulis puisi dan juga cerita pendek, sampai pada akhirnya aku menemukan Tumblr.

Tumblr di tahun 2012-2014 sempat jadi primadona dan di dominasi oleh para introvert, aku sempat jadi atlet tumblr waktu itu saking serunya. Lalu 2014 akhir aku kembali ke blog lagi dengan membawa hawa-hawa tumblr (kalau sekarang kalian sepertinya enggak akan menemukan tulisan-tulisan curhatan itu lagi).




Pada tahun 2016 aku mulai mengambil titik serius untuk ngeblog dan fokus membuat konten. Langkah pertama yang aku lakukan selama nganggur nulis adalah nyari templates biar ini blog enak buat di lihat. Aku termasuk orang moody jadi bisa ganti-ganti sesuai keinginan sebelum menemukan yang cocok. 

Langkah kedua di masa nganggur nulis ini aku engga semata-mata stuck gitu aja tapi aku baca tulisan orang, karena menurutku kunci menulis itu adalah membaca. Aku mulai berkunjung ke blog teman-teman lainnya memperhatikan gaya mereka dan mulai mencari mana yang kusuka atau yang sesuai denganku. 

Langkah ketiga mulai menulis apa saja. Mungkin di zaman sekarang orang lebih mudah menentukan dia mau pilih niche apa untuk blognya, tapi di masa-masa awal blogging aku lumayan kesulitan menentukan niche blog karena rasanya aku ingin meng-explore tapi tidak PD, tidak memliki teman blog maupun mentor. Sampai pada akhirnya aku mulai memberanikan diri untuk mencari komunitas blogging di Bandung dan bertemu dengan teman-teman di komunitas Blogger BDG dan KEB. 

Awalnya agak jiper karena sepertinya sudah terlihat sangat pro dan jarang kulihat yang seusia, aku tambah tidak percaya diri. Jiper ini aku atasi dengan mencoba menulis dulu beberapa artikel (biar gak malu kalau di tanya nanti udah nulis apa aja), lalu aku mulai memperbaiki tampilan blog (walaupun memang seadanya tapi setidaknya aku sudah mencoba, biar urusan belakangan orang mau bicara apa hahaha.




Singkat cerita akhirnya aku bisa bertemu dengan teman-teman dari Blogger BDG di suatu event. Waktu itu aku ingat bertemu dengan Teh Nchie, Teh Efi dan Teh Yashinta, waktu itu ingat sekali Teh Nchie menyarankan untuk mengganti domain menjadi TLD, aku mulai dong cari cara mengganti domain dan ribet (jujur waktu itu sulit merasa kebingungan), ternyata dibantu sama customer service dengan modul yang ujung-ujungnya mandiri kucoba sendiri. 

Setelah blog menjadi .com aku semangat nulis dong, aku senang datang ke event dan mengulas ceritanya juga. Aku mulai belajar, belajar dan belajar lagi walaupun sampai detik ini ilmu masih kurang tapi aku tetap semangat buat belajar. 




Kendala terbesar untukku dalam hal menulis adalah mood, niat dan ide. Setelah mencoba menulis di berbagai situasi, aku menemukan bahwa waktu untuku menulis adalah disaat malam hari atau pagi. Ide mudah muncul di waktu itu ditambah suasana hening, kadang kalau moment-nya dapat ya gak di konsep juga udah aja gitu mengalir dengan sendirinya.

Blogging enggak cuma kasih aku ilmu baru, tapi pengalaman, teman-teman, sudut pandang, kesederhanaan, sopan santun, keceriaan, kebahagiaan, walaupun kadang kesedihan juga menghampiri, yah namanya juga hidup ya, it's okay.




Blogging membawa aku ke tempat-tempat yang tidak pernah aku duga dan aku juga mulai memberanikan diri untuk mengikuti kompetisi, walaupun baru sedikit tapi aku sangat senang, teman-teman bisa cek disini (Alhamdulillah baru segini, selalu semangat untuk mencapai tahapan lainnya, masih anak bawang mohon maklum hehehe). 



Manfaat yang sangat terasa jika kita terjun ke dunia blogging itu seperti :



  • Memperluas tali silaturahmi
  • Menambah pengetahuan 
  • Mengasah kemampuan dalam skill menulis
  • Self healing (banyak orang menggunakan blog sebagai jalan untuk melepas stress)
  • Belajar melatih kedisiplinan (kita akan berteman dengan yang namanya deadline)
  • Mendapatkan pengetahuan seputar SEO
  • Tempat mengekspresikan ide
  • Menciptakan pengaruh di masyarakat
  • Memperkaya sudut pandang
  • Bisa mengajak pembaca untuk membantu sesama
Di zaman sekarang blogging punya pengaruh di masyarakat, kita bisa mengajak dan juga membentuk sudut pandang termasuk mengajak pembaca kita dalam berbuat kebaikan. Indonesia sekarang ini sedang berduka, saudara-saudara kita sedang menangis di luar sana, efek bencana Gempa dan Tsunami di Palu, Sigi dan Donggala tidak membuat mereka pulih seutuhnya, kota mereka hancur, pernahkah kita memikirkan mereka?.

Aku mau mengajak teman-teman yang sedang membaca ini melalui Bandung Hijab Blogger yang sudah bekerja sama dengan ACT For Humanity dan ACT Jabar untuk ikut serta membantu saudara kita yang ada di Palu, Sigi dan Donggala. Aku sangat yakin tali persaudaraan kita lebih erat daripada yang terlihat.


Teman-teman bisa memberikan donasi terbaiknya melalui :
VA BNI Syariah atas nama Aksi Cepat Tanggap
 dengan no. rekening 8660291018100063
CP : Alia ( 0821 2972 5453)

Kita bisa jika bersama, kita kuat jika bersama!



Bicara soal Bandung Hijab Blogger, komunitas kecil ini aku dirikan pada tanggal 15 Maret 2018 (baru kok belum setahun umurnya). Membangun komunitas ternyata butuh perjuangan lebih daripada yang aku pikirkan, banyak sekali angin yang menerpa, tidak sedikit yang berusaha membuatku jatuh, akupun heran.

Aku pernah membuat postingan yang aku shared ke public ini menyatakan bahwa bukan karena aku lebih mampu atau lebih bisa dalam dunia blogging, aku tau ilmuku masih sekecil biji jagung, umurku masih dianggap terlalu muda untuk membangun sebuah komunitas, tapi aku punya semangat yang besar mengajak kawan-kawan untuk belajar bersama-sama. 

Aku tidak ingin bersaing dengan siapapun, aku hanya ingin bersinergi bersama-sama, tapi aku juga tidak bisa menahan energi negatif di luar sana dan akupun sedang berusaha melipat gandakan energi positif itu. Semangat teman-teman, ayo kita berjuang bersama-sama untuk jadi blogger yang baik secara tulisan dan juga attitude agar bisa membawa dampak yang baik pula untuk sekeliling kita. 



Tulisan ini aku dedikasikan untuk memperingati Hari Blogger Nasional dan postingan ini adalah hasil kolaborasiku dengan teman-teman Bandung Hijab Blogger, untuk cek referensi lainnya kalian bisa cek postingan temanku ya namanya Teh Nita disini
30 comments on "Why I Started Blogging | Rara Febtarina"
  1. Woaaa banyak stalker ya hihi menurutku justru kita harus berkarya sejak muda sih, jangan nunggu tua atau senior, semangat Rara✊

    ReplyDelete
  2. Siapa si angin menerpa yg ingin bikin jatuh ra? Sini ku aku diciwit geura. Don't be sad ya. Luar biasa banget loh aku sm yang muda2 udh bisa pegang komunitas. Tanpa BHB aku belum tentu rajin nulis kaya sekarang. ♡♡

    ReplyDelete
  3. Bangga banget kenal sama Rara. Udah bisa ngajak temen-temen untuk melakukan hal positif lewat blogging, bisa bantu jelasin yang baru belajar blog (aku), bisa Umroh. Kurang apa lagi nih si Rara.

    Keep inspire, Ra!

    ReplyDelete
  4. Ter thebest deh tulisan mu raaa... Keren

    ReplyDelete
  5. Berkah banget ra ngeblognya keren

    ReplyDelete
  6. dan rata2 semua blogger bermula dari tulisan di diary .. warbyazah 🤗

    ReplyDelete
  7. kunci utama dalam setiap karir adalah konsisten, aku pikir teh Rrara orang yg snagat konsisten dalam segala hal. Good Luck teh. Liat tuh masadepan udah silau banget

    ReplyDelete
  8. Salut sama Rara, dari pertama ketemu sampai bisa sesukses ini dan humble banget in person *laff*. Berkat BHB juga aku jadi terpacu buat belajar rajin bikin konten meski sekarang harus ketar-ketir sambil ngurus si kecil.

    Tetap semangat ya Raraa <3

    ReplyDelete
  9. Aku sampe bingung mau komentar apa. Terus malah jadi fokus sama beberapa paragraf terakhir. Semangat terus tehRa! We gonna RISE till we 'fall';)

    ReplyDelete
  10. Tengkyu teh rara dan BHBnya..semoga makin sukses :)

    ReplyDelete
  11. Trma kasih udh ngbuat aq jd semangat nulis lagi... Keep inspiring, Raa 😘

    ReplyDelete
  12. wah bisa umroh ra dari blogging? kereeennn.. keep inspire ya ra, terus aku baru tau kalau BHB itu rara yang diriin :"D

    ReplyDelete
  13. Rara nih luar biasa, bisa bikin suatu komunitas yang aktif ngemaintain dan ngegerakin semua anggotanya buat jadi aktif. Keep inspiring rara.

    ReplyDelete
  14. Keep inspiring Ra, pesen aku tetap sama; legowo sama apapun yang terjadi :)

    ReplyDelete
  15. Keren raa.. makasih lho udah bikin komunitas BHB yang bisa jadi tempat berkumpulnya para blogger Bandung.. sukses terus..

    ReplyDelete
  16. Sukses terus ra... Semoga terus menginspirasi banyak org, dan bener bgt nihh aku nulis tuh tergantung mood bgt kebingungan menghadapi diri sendiri huft

    ReplyDelete
  17. teh rara..keren, mantap dan sukses selalu...dan yang utama..tak lelah menginspirasi

    ReplyDelete
  18. Speachless. Muda, aktif, positif. Keep inspiring untuk Rara. Saya beryukur bisa bergabung dengan BHB. Semoga kebaikan selalu menyelimutimu ya. Makasi sudah diijinkan bergabung di BHB. Boleh nanti privat untuk perbaiki tampilan blog ya hehe

    ReplyDelete
  19. Keren ra, ngeblognya fokus. Setuju banget kendala utama adalah mood. Kalo ak banyak banget draft yg ga beres karna keburu ga mood :-(

    ReplyDelete
  20. Sukses terus n keep inspiring ya teh...
    Dan demi apa dilemaku ngeblog sampai sekarang adalah---> ingin TLD tapi majumundur2 muluuu >_<

    ReplyDelete
  21. Selamat hari blogger nasional teh, kalo aku awal mula ngeblog itu karena beralih dari nulis diary ke blog. Karena buatku nulis pribadi di buku diary doang berasa gak ada bekasnya. Manfaat untuk orang lainnya minim banget. Tetap berbagi dan menginspirasi! Salam :)

    ReplyDelete
  22. Aku mupeng sama foto teteh yang dapet tiket UMROH ituu.. aaa pengen jugaa, haha.

    Sukses ya teh, aku salut sama teteh, di usia yang masih muda udah punya komunitas blogger yang menginspirasi banyak orang, termasuk akuu

    ReplyDelete
  23. wow.. sangat menakjubkan, inimaah inspirasu buat aku biar bisa sukses kayak teteh

    ReplyDelete
  24. You always make me proud, girl. Kenal dan pertama ketemu aku tuh amazed banget sama anak muda kayak Rara. Hehehe. Pengalaman ngeblog pastinya proses yang penuh perjuangan. Semangat terus, ya.

    ReplyDelete
  25. Ini mah inspired banget atuh! Atas izin Allah, akhirnya aku bisa ketemu teteh dan gabung sm komunitas yg luar biasa bgt gapernah kebayang bakal terjadi di hidup aku hahahaa

    ReplyDelete
  26. Keputusan yang keren teh menurutku karena sudah bisa berkarya sejak di usia muda. Makasih teh sharingnya

    ReplyDelete
  27. Rata rata semua berwal dr tumblr yah aku pun begitu.. hehee

    ReplyDelete
  28. keren banget ya proses nya. untung banget bisa ketemu teh rara dan BHB, bikin semangat nulis

    ReplyDelete
  29. Tehra!!! Terimakasih banyak akhirnya aku bisa se excited ini sama blogging karena BHB. LOVE😚

    ReplyDelete
  30. penasaran sama colab tentang ini di BHB . ku baru baca yg teh Ra, ko langsung sedih yaa terharu gitu :') . terimakasihh , semoga tetap menginspirasi !

    ReplyDelete

Auto Post Signature