Top Social

Tips Personal Branding dan Etika Blogger | Rara Febtarina

Friday, March 22, 2019
Tips Personal Branding dan Etika Blogger - Belajar itu gak ada matinya, tiap hari harus terus belajar. Kali ini aku menggali ilmu tentang personal branding dari Teh Nurma Larasati seorang CEO & Co-Founder dari Halal Local dan belajar tentang etika Blogger dari Teh Erry seorang blogger yang punya ciri khas dari setiap postingannya itu tentang parenting dan drama Korea.

etika blogger dan personal branding febtarinar.com

Keluar dari Comfort Zone

Kita terbiasa di zona nyaman kita dan bisa bikin enggak berkembang. Keluar dari zona nyaman itu biasanya butuh keberanian, karena aku atau mungkin kebanyakan orang pernah mengalami kalau keluar dari zona nyaman itu malah punya ketakutan tersendiri, takut gak bisa adaptasi lah, di nyinyirin lah dan masih banyak lagi.

Cuma setelah aku pelajari dan aku pahami penting banget keluar dari zona nyaman itu, kita harus senantiasa memberi tantangan buat diri kita biar terus berkembang dan upgrade diri, jadi yuk ah kita keluar dari zona nyaman demi masa depan yang lebih baik #ashiaaaap (kalian gak mau dong cuma jadi orang yang gitu-gitu aja).

Salah satu cara aku keluar dari zona nyaman itu bergaul sama komunitas baru, sebanyak-banyaknya komunitas, aku pengen ketemu mentemen baru, pengalaman baru karena aku tau itu manfaatnya besar banget.

Nah mentemen juga bisa banget loh cobain cara keluar dari zona nyamannya dengan masuk berbagai komunitas baru, asli se seru itu loh.

Etika Blogger

etika blogger dan personal branding

Sebagai seseorang yang baru belajar di dunia blogging, terus upgrade diri adalah sebuah kebutuhan. Kali ini aku dapetin ilmu dari Teh Erry sang parenting blogger dan K-Drama lovers. Jujur aku suka banget semua konten di twitter Teh Erry, keren dan kocak banget.

Setiap aku ketemu beliau yang aku bahas soal drama Korea terbaru, sebegitu melekatnya loh. Di acara kemarin Teh Erry sharing etika blogger dasar yang wajib semau blogger punya, kira-kira apa aja ya, cekidot.

Original

Percuma kalau blog kita berkembang tapi tulisan kita gak original. Originalitas itu jadi kualitas seorang blogger, ini tuh harga mati.

Aku juga yakin permasalahan blogger itu sesekali mentok di ide, ya gak? Tiba-tiba buntu, gak tau mau nulis apa atau tiba-tiba stuck gitu aja. Nah kalau permasalahan ini biasanya aku atasi dengan banyak baca, baca apa aja ini kek semacam refreshing gitu buat otak.

Baca sebanyak-banyaknya biar konten kita terus berkembang dan tetap original..

Tanggung Jawab

Tanggung jawab di sini berkaitan dengan tulisan kita, semua yang tulis itu harus bisa di pertanggung jawabkan nantinya. Kita gak pernah tau ke depan sana bakalan ada kontra sama tulisan kita, ya kita harus bisa ngasih alasan kenapa kita nulis seperti itu.

Sebisa mungkin tulisan kita itu informatif ya jangan nyinyir dan perjulidan, kalaupun mau ngasih review negatif kita harus bisa mengolah tata bahasa biar tetap enak di baca tapi di pahami dengan jelas maksud dan tujuannya.

On Time

Ini hal yang butuh komitmen tingkat dewa sih, on time. Sharing Teh Erry kemarin bilang kalau blogger itu penting banget buat on time, gak cuma soal datang ke event tapi postingan deadline juga, jangan sampe nih ngelebihin deadline.

Kalau kita misalkan datang ke event ini ya kudu on time, kalau ga bisa ya kasih alasan jujur yang jelas dan masuk akal. Kalau pun ada keterlambatan ya yang wajar-wajar aja, jangan jauh dari waktu yang seharusnya.

Komitmen

Komitmen di sini aku contohin sama kehadiran pas event. Sering banget terjadi kaya kita cancel H-1 tuh. Dari sharing session yang aku dapat, sebisa mungkin, sebaiknya dan sangat di anjurkan untuk tidak cancel H-1 mentemen. Karena itu semua jadinya kurang baik dan keliatan tidak profesional kecuali ada sesuatu hal yang tidak bisa ditinggalkan.

Menghargai Perbedaan

Dalam menulis, perbedaan pendapat dan pemikiran itu pasti ada, karena kita berbeda sudut pandang dan beda isi kepala juga (lah iya kan beda orang juga gaes). Kalau kita membaca tulisan orang lain, sebaiknya di support, pendapatnya kita hargai, berargumen boleh asal jangan melukai hati, setuju?

Baca juga Mencari Uang dari Iklan di Blog

Menurut mentemen personal branding apa yang bakalan kalian bangun dan etika blogger yang seperti apa yang harus dimiliki seorang blogger? Yuk sharing cerita kalian di kolom komen ya mentemen.

Xx,

Rara Febtarina


1 comment on "Tips Personal Branding dan Etika Blogger | Rara Febtarina"
  1. Waduh, bahasan berat ini kalau sudah menyangkut personal branding dan etika. Wkwk. Saya menjadi penyimak dan penikmat saja muehehehe.

    ReplyDelete

Auto Post Signature