Top Social

Arti UVA, UVB, SPF, dan PA Pada Sunblock | Rara Febtarina

Tuesday, November 6, 2018
Kulit tubuh kita ini perlu dilindungi oleh tabir surya agar sinar matahari yang jahat tidak merusak kulit kita. Banyak sekali produk di luar sana yang menjual produknya dengan label SPF tinggi atau PA dengan plus yang banyak atau juga muncul tulisan UVA UVB, tapi sebenarnya kita ini mengerti atau tidak makna dari istilah tersebut, yuk kita kenali istilahnya sebelum membeli.

MENGENAL UV-A dan UV-B
Mungkin banyak teman-teman yang sudah tau apa itu UV-A dan UV-B, tapi buat teman-teman yang belum tau keduanya memiliki arti berbeda, dan perbedaannya adalah :

UV-A adalah sinar matahari yang bisa menembus kaca, jaringan kulit dan pembuluh darah.

UV-B adalah sinar matahari yang menyerang permukaan kulit kita sehingga bisa menyebabkan kulit kita terbakar.

MENGENAL SPF 
Kalau teman-teman sudah baca review di atas pasti ngeh dong kalau SPF produk ini 20 aja, tapi SPF itu apa sih sebenarnya ? SPF adalah Sun Protector Factor yang artinya ini sebuah indikator pelindung dari matahari dalam sebuah produk. 

Semakin tinggi angka dari SPF itu sebenarnya tidak menjamin teman-teman akan aman dari UV-A dan UV-B, tapi SPF yang tinggi ini bisa memblokir lebih banyak UV-B sehingga kulit kita tidak terbakar nantinya. Nah kalau angkanya kecil gimana? Resikonya kita harus sering-sering deh mengaplikasikannya ke bagian yang diperlukan.

Read More : Review Skin Aqua UV Whitening Milk SPF 20 PA++

MENGENAL PA++
Sebenarnya sebelum kita mengenal PA, kita harus kenalan dulu nih sama PPD, PPD adalah Persistent Pigment Darkening. Sebenarnya mirip dengan SPF, tapi pasangan SPF ini adalah UV-B sedangkan PPD pasangannya adalah UV-A. 

PPD ini sebuah istilah yang dipakai di Eropa, sedangkan di wilayah Asia sendiri kita kenal sebagai PA atau Protection Grade of UV-A. Jika teman-teman melihat PA+ ini memiliki angka PPD 2 sampai di bawah 4, PA ++ sama dengan angka PPD 4 sampai 8, PPD+++ 8 sampai 16, dan PA++++ memiliki PPD 16 ke atas. Semakin tinggi angkanya maka semakin tinggi pula perlindungan yang diberikan untuk menghalau UV-A.
2 comments on "Arti UVA, UVB, SPF, dan PA Pada Sunblock | Rara Febtarina"
  1. Pertama mampir aku kaget kok ada suara darimana gt...ternyata dari youtube bawah hihi
    Dulu aku sempat underestimate sama SPF sampai satu waktu saat pas honeymoon snorkling dan suami kulitnya kebakar paraah serem banget ini penting banget SPF terutama saat pergi ke tempat yang mataharinya terik ya

    ReplyDelete
  2. Wahh saya belum katam soal kaya beginian ini mbak hehhe, thank you for sharing mbak

    ReplyDelete

Auto Post Signature