Top Social

Tips Cermat Belanja Skincare & Makeup | Rara Febtarina

Sunday, August 19, 2018
rara febtarina - indonesian lifestyle blogger - beauty blogger

Febtarinar.com - Wanita enggak akan pernah jauh dari yang namanya produk kecantikan, yes? Setujukah Anda ? (cie jadi formal banget kerasanya).  Aku suka sama makeup dan aku aku juga sayang sama skincare tapi aku juga harus pintar mengatur mana yang jadi kebutuhan dan mana yang jadi keinginan. Kali ini aku mau berbagi tips tentang gimana sih cara aku belanja makeup biar enggak ada yang mubadzhir cuy. Tertumben ya bikin artikel tentang TIPS, thx to komunitas Bandung Hijab Blogger yang udah ngadain collaboration post ini, kalau enggak karena mereka ndak mungkin aku nulis macem ni hihihi, yuk lanjut.




1. LIST KEBUTUHAN
source : pinterest

Udah jadi kebiasan banget buat aku untuk selalu menulis TO-DO LIST karena berasa lebih gampang aja menjalani hidup kalau udah sesuai rencana (emang visioner anaknya hahaha). Begitupun dalam kebutuhan berbelanja, aku selalu nulisin nih kebutuhan aku apa aja, jadi menurut teori (monmaap kita bicara teori tapi ini yang aku pelajari pas kuliah dan berguna sampe sekarang) kita membagi kebutuhan jadi 4 bagian.

- Penting Mendesak
- Penting Tidak Mendesak
- Tidak Penting Mendesak
- Tidak Penting Tidak Mendesak

Nah, keempat poin tadi aku terapkan dalam menjalani hidup termasuk dalam belanja geng. Aku pilih produk mana yang sangat penting dan mendesak itu yang paling aku utamakan, seperti facial wash, serum, night cream, pelembap dan lain-lain. Jujur aja sejak aku mulai membagi itu semua kedalam 4 poin tadi (aku biasa bilang  4 kuadran) belanja ini jadi jelas dan aku bisa menahan rasa atau godaan tipu muslihat produk diskon padahal aku gak butuh hahaha.

2. ATUR BUDGET
Penting banget buat aku untuk selalu alokasi dana, mana dana untuk sehari-hari, menabung, dan  investasi. Nah beli kebutuhan produk kecantikan juga mesti di atur biar enggak over budget. Karena aku tau rasanya ya kalau wanita masuk ke tempat kecantikan itu pasti suka ngerasa SERBA ENGGAK PUNYA DAN JADI SERBA BUTUH, ayo ngaku yang begini nih? Atur budget waktu masih dirumah, jadi ya mau gak mau harus cukup dengan dana yang udah teman-teman tetapkan.

Read More : Workshop Bandung Hijab Blogger

3. KEBUTUHAN > KEINGINAN

source : pinterest

Jadi wanita memang harus bisa bedain mana kebutuhan mana keinginan, seiring berjalannya waktu aku belajar mana kebutuhan mana keinginan. Enggak akan ada habisnya memang kalau kita terus-terusan kasih makan si 'keinginan' ini, karena efek sampingnya jadi mubadzir. Jadi, mari kita prioritaskan kebutuhan ya!

4. CARI REVIEW SELENGKAP-LENGKAPNYA

Aku termasuk paling teliti, banyak pertimbangan, dan pemilih soal skincare dan makeup ini semua karena wajah aku sensitif jadi mau gak mau yang harus teliti kalau enggak malah berabe nantinya. Contoh nyatanya aja aku kalau beli toner harus pake mikir sebulan, perbandingan antara toner satu dengan yang lainnya, mempelajari isi bahan dan kandungannya, terus cari tau efek samping, ya emang ribet tapi emang kebutuhan aku seperti ini, jadi buat teman-teman yang mungkin punya wajah sensitif kaya aku sebaiknya memang cari review sebanyak-banyaknya kalau enggak nanti malah wajah kita yang jadi korban.

5. JANGAN MUDAH TERPENGARUH

source : pinterest

Doyan gak liat diskon? Sale ? Buy 1 get 1? Buy 2 get 3? IHHHHH AMPUN!!!! Suka mendadak migren liat tulisan macam tu, adek ndak sanggup. Niatnya harus bulat pokoknya jangan mudah terpengaruh, kalau bisa bawa uang seadanya, jangan bawa kartu gesek deh biar niat dan daftar belanjaan kebutuhannya enggak tergoyahkan. Jangan sampe kita tergiur dan malah jadi beli yang enggak penting atau yang kita enggak butuh.

6. PILIH PRODUK YANG SESUAI




Makin banyak skincare dan makeup di zaman sekarang, kita harus pintar-pintar memilih mana yang cocok. Tips terakhir ini adalah tips adalanku yang mempercayakan semua skincare dan makeup-ku ke Aishaderm. Karena, kandungan ekstrak buah kurmanya membuat aku jatuh cinta sama produk yang satu ini. Aku jadi enggak usah bingung lagi harus pilih perawatan wajah apa kareana semunya sudah diserahkan ke ahlinya. 

Yooooo mentemen segitu aja tips cermat berbelanja ala aku yang sealakadarnya tapi it's works fo meh guys. Ceritain juga dong pengalaman kalap kalian *oopppsss. 
30 comments on "Tips Cermat Belanja Skincare & Makeup | Rara Febtarina"
  1. ahahahahah aku banget tuh masih masih suka tergoda sama sale dan sejenisnya ��

    ReplyDelete
  2. Kalo belanja bawa kartu gesek emang dah langsung lupa sama point 1-3 😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha jangan bawa kartu gesek makanya yes

      Delete
  3. Ra, kuliahnya jurusan management ya? warbiyasak :))
    Kebetulan aku anaknya nggak pernah punya budget belanja skincare / make up wajib tiap bulan karena habisnya nggak barengan. Baca ini jadi emang perlu diatur juga yah biar nggak kalap belanja :D

    ReplyDelete
  4. Wahaha setuju ini seringnya sih overbudget ujug2 niatnya mau beli apa eeh yg diniatin mah gak dibeli yg gak diniatin malah dibeli.. udah gitu nyampe rumah dipikir2 lg buat apa.. cuma kesukaan mata sesaat.. duhhh yah ganggu klo udah gini, apalagi make up or skincare klo udah gak cocok dan ada efeksampingnya baru deh nyesel huaaahh

    ReplyDelete
  5. Kebutuhan Dan keinginan emang susah banget ya ngontrol nya, thanks Ra infonya

    ReplyDelete
  6. Sama sihhh kalo mau beli apa-apa tuh pasti mikirnya lama nyari review ksna kemari dulu, jd beli? Nggak! Wkwkwk

    ReplyDelete
  7. Kadang kebutuhan sama keinginan udh ga bisa dibedain lagi kalo udh ketemu promo diskonan huaaaa. Karna disini kita diuji wkwk. Tfs ra, sangat bermanfaat tipsnya.

    ReplyDelete
  8. Sebagai cewe, kita emang harus bijak ya. Beli yang emang dibutuhin, bukan yg dipengenin. Tapi kalo godaan berupa sale dsb mah suka susah juga buat tutup mata :-D

    ReplyDelete
  9. Banget teeeh..setuju sama cara prioritasin belanjaannya😀 salutee

    ReplyDelete
  10. aku malah sering memanfaatkan diskon agar lebih hemat.
    tapi tentu sajah aku milih untuk barang-barang yang dibutuhkan aja
    :D

    ReplyDelete
  11. Kalau untuk urusan skincare aku masih bisa rem haha, tapi ketika liat makanan dan liat diskon sepatu dan baju anak, luluh. haha. Thanks RA tips kece nya

    ReplyDelete
  12. Kalo liat makanan, saya suka overbudget, piihannya 2 antara pengen dan pengen bangeeet. Susaaaah banget ngaturnya. Huhuhuuu...

    ReplyDelete
  13. Heheu emang racun yes, makasih ya tipsnya, aku jarang beli makeup dan skincare selama ada stok endorsement hahahha

    ReplyDelete
  14. Aku orangnya ga tergoda sale sama skincare ato kecantikan yg laen. Tapi kalo ada celana batik suka tergoda..

    haahaha..

    ReplyDelete
  15. Duh aku banget tuh suka kalap kalau lihat sale atau yg dijual bundling gitu

    ReplyDelete
  16. Duuh makasih tipsya, Ra, sekarang aku lagi seneng winshop skincare, haduuuh rasanya pengen beli ini beli itu menggoda sekali

    ReplyDelete
  17. Sepertinya sudah fitrah para wanita senang sama discon. Aku juga sih.

    ReplyDelete
  18. Keren dirimu Neng, kayaknya hidupmu penuh keteraturan dan well prepare ya say..:)

    ReplyDelete
  19. selalu istigfar setelah belanja... bukan sebelum ngelist belanja skincare... makasih tipsnya teh rara

    ReplyDelete
  20. Bener harus punya prioritas dan jangan terpengaruh sama diskon atau promo.
    Suka susah menghindar dari diskon dan promo :(
    Terima kasih tipsnya, ra :)

    ReplyDelete
  21. Iya nih suka mupeng klo ada diskon di Sociolla atau kode voucher dr selebgram wkwk. Pdhl ga butuh² amat :')

    ReplyDelete
  22. Yg bikin overbudget dalam hidupku: bahan makanan, buku dan alat masak. Semoga segera dapat hidayah xD

    ReplyDelete
  23. Atur budget.

    How can I resist every temptation of new producttttss every weeeek hehehe

    ReplyDelete
  24. Aku lagi gampang lapar mata, terutama skin care, make up dan fashion. Duh ampun, harus tabah apa lagi kalau scroll-scroll medsos. Tuh iklan skincare paling sering ngintilin hahaha.... tapi aku udah bertekad untuk setia dengan produk yang aku pake sekarang *cieeee*
    Btw tidak penting tapi mendesak kayak gimana tuh, Ra?

    ReplyDelete
  25. Selama ini beli kosmetik masih sesuai budget. Tapi kalau beli buku pasti over budget 😂

    ReplyDelete
  26. Aku termasuk yang nggak punya budget buat beli skincare. Cuma kalau habis beli. Kadang tergoda untuk menyoba yang baru.

    ReplyDelete
  27. Wah perlu dicobak nih... aku baru mulai sadar akan pentingnya skincare huhuhu

    ReplyDelete

Auto Post Signature