Top Social

Bahaya SLS dan Paraben untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Saturday, March 6, 2021
Mamas choice shampoo and conditioner


Pada saat hamil kemarin, aku cukup selektif memilih bahan-bahan apa saja yang aman untuk aku gunakan, karena segala sesuatu yang aku pakai akan berdampak pada janin. Kandungan yang aku hindari saat masa kehamilan di antara adalah SLS dan Paraben. Memang SLS dan Paraben itu apa? Simak penjelasan berikut.


Apa itu SLS?

Sodium Lauryl Sulfate (SLS) adalah senyawa atau kandungan bahan yang biasa ada di produk perawatan tubuh, mulai dari rambut sampai ujung kaki. Fungsinya disini sebagai foaming agent atau senyawa yang memberikan efek busa pada saat digunakan. SLS ini sering kali ditemukan di produk rumah tangga sampai kosmetik wanita, seperti sabun mandi, shampoo, detergent dan masih banyak lagi.


Pernah dengar gak sih istilah di banyak masyarakat "kalau busanya gak banyak berasa mandinya gak bersih". Stigma itu ada sampai detik ini, kita selalu merasa busa berlimpah itu tidak apa-apa tanpa memikirkan efek sampingnya. 


SLS merupakan senyawa yang bersifat iritan sehingga jika digunakan dalam jumlah yang berlebihan bisa menyebabkan iritasi. 


Untuk ibu hamil dan menyusui, SLS ini memiliki dampak tersendiri, seperti :

  • mengiritasi kulit seperti kulit kering, kasar, kemerahan sampai mengelupas
  • dermatitis
  • menyebabkan rusaknya organ hati jika terjadi penumpukan di dalam tubuh
  • lebih fatalnya jika berlebihan bisa menyebabkan cacat janin

 

SLS ini terbuat dari minyak kelapa sawit atau minyak kelapa yang telah melewati banyak proses kimia sehingga sejatinya sudah tidak memiliki kandungan yang alami lagi. 


Padahal jika kita telaah lebih mendalam, produk tanpa SLS ini lebih menyehatkan dan baik bagi lingkungan.


Apa Itu Paraben?


Paraben merupakan bahan kimia yang digunakan sebagai pengawet. Paraben sendiri sering ditemui pada skincare dan kosmetik, hanya saja kita kerap kali melewati membaca kandungan bahan yang terdapat dalam produk tersebut. 


Dalam penelitian yang dipublikasikan oleh environmental research, paraben merupakan senyawa yang bisa mengganggu sistem endokrin manusia. Jika, sistem endokrin manusia sudah terganggu maka metabolisme tubuh manusia akan terganggu.


Untuk ibu hamil sendiri jika paraben terserap tubuh dan tali pusar bisa mengganggu pertumbuhan perkembangan yang bisa menyebabkan resiko lahir cacat, keguguran dan lahir prematur.


Seperti yang kita semua tau kalau SLS dan paraben biasanya terdapat di dalam sabun mandi, shampoo, conditioner, detergent dan lain-lain. 


Salah satu yang paling banyak terdapat di shampoo lho. Bumil dan busui wajib waspada akan kandungan tersebut agar tidak membahayakan janin ya.


Lalu, masih mau pakai produk dengan kandungan SLS dan Paraben? Bagaimana cara memilih produk yang aman?



Kesadaran aku untuk memilih produk tanpa SLS dan paraben sudah aku terapkan sejak usia kehamilan 8 bulan dengan menggunakan Shampoo dan Conditioner dari Mama’s Choice.


Masalah kerontokan jadi hal yang utama pada saat hamil dan menyusui maka dari itu aku tidak mau memperparah dengan efek samping dari penggunaan SLS dan paraben, lebih baik sadar sedini mungkin.


Awal-awal aku memakai Mama’s Choice Shampoo dan Conditioner itu memang terasa agak aneh karena “kok busanya gak banyak ya?”. Cuma makin sini aku makin sadar bahwa “oh ya gapapa gak banyak busanya, kan lebih sehat dan lebih bagus buat lingkungan”.


Aku mikir sih lebih baik investasi di produk yang memang alami aja seperti Mama’s Choice Shampoo and Conditioner daripada cari harga yang murah ternyata ada efek samping ke depannya.

Mamas choice shampoo and conditioner


Selain alami, uniknya shampoo dan conditioner Mama’s Choice ini memiliki kandungan yang jarang sekali aku temukan di produk lain yaitu kiwi, kemiri dan green pea.


Pas awal aku pakai shampoo ini, beuh wanginya kayak pakai parfum kalau kata pak suami. Ternyata ini aroma segar dari kiwi, gak cuma wangi bangetnya itu ya, kiwi ini bagus banget mengatasi rambut rontok aku.


Di usia kehamilan 8 bulan aku gak menemukan rambut rontok, rambutku lancar jaya aja gitu. Aku pikir ini efek dari kiwi itu sih. 


Tips juga dari aku ya moms, kalau misalkan mau keramas itu mending sisir dulu deh biar pas keramasnya gak kusut, i know pas jadi ibu nemu sisir itu adalah sesuatu, kadang abis keramas aja langsung cepolan. Tapi, kalau kita sayang sama rambut kita mending coba deh saran aku tadi.


Setelah di sisir, jangan lupa pakai conditioner setelah pakai shampoo. Wih itu rambutku yang namanya enak, enak banget, di pegang aja lembut. 


Aroma Mama’s Choice conditioner ini sama kok dengan shampoonya jadi wanginya gak akan nabrak.


Mamas choice shampoo and conditioner


Harganya juga cukup terjangkau untuk produk alami seperti ini, moms bisa beli di www.mamaschoice.id dengan voucher “MAMARARA” (kalau mau lebih hemat sih itu juga, hehehe).


Nah, kalau sudah tau ada produk aman, alami, tanpa SLS dan paraben, masih mau pakai yang berbahaya?


Post Comment
Post a Comment

Featured Post

My 2019 Journey - Story of Rara Febtarina

Di tahun 2019 ini jadi tahun penuh berkah dan kebahagiaan berlimpah dari Allah SWT, serasa ini jadi tahun penuh pelangi setelah badai yang ...

Auto Post Signature