Top Social

Persiapan Pernikahan 2 - Memilih Tema Pernikahan dan Venue Wedding Outdoor di Bandung | Rustic Intimate Wedding Indonesia

Friday, November 22, 2019
Rustic Wedding Indonesia - Hai semua, di postingan kali ini aku mau bahas soal PERSIAPAN PERNIKAHAN aku kemarin. Ini adalah postingan kedua tentang persiapan pernikahan, postingan sebelumnya wajib kalian tau dan bisa kalian cek di sini ya soalnya ini akan jadi postingan yang saling berkaitan.

Ini cerita aku tentang menikah ON BUDGET 2019, kira-kira gimana step-nya langsung aja scroll ke bawah ya.

1. TEMA PERNIKAHAN

Penting banget buat kalian tau, sebelum menikah pastikan kalian udah punya izin dari kedua belah pihak ya (i mean jangan sampe nikah tanpa restu dan izin). 

Kalau udah dapat izin bicarakan dengan keluarga konsep pernikahan, undangan dan printilan lainnya. Alhamdulillah di pernikahan kita, keluarga dari kedua belah pihak menyerahkan secara penuh konsep pernikahannya asalkan harus 2 hal yang perlu di perhatikan.

instagram.com/febtarinar

Dua hal itu adalah Simle dan Khidmat. Kita setuju dan memang itu yang kita berdua inginkan. Kita berdua tuh gamau ada adat dan keluarga kita berdua juga gak masalah tapi tetap kita berdua masukin SUNGKEM dan SAWER.

Kenapa ada sungkem? Karena ini salah satu moment tersakral yang aku rasa dari setiap pernikahan. Lalu kenapa ada sawer? Karena ini jadi moment pelebur dua keluarga jadi satu, saweran itu selalu menyenangkan, tapi perlu di catat sawer ala aku tidak ada sinden atau nyanyain Sunda tapi pake lagu pop dan kita semua nyanyi bareng.

Aku sendiri jatuh cinta sama yang namanya minimalis karena terkesan simple dan aku suka banget sama yang namanya rustic karena berasa aestetiknya dapet banget gitu.

Terus juga kita berdua pengen yang datang cuma keluarga, kerabat, sahabat terdekat kita aja yang datang karena kita pengen lebih private dan lebih intimate.


instagram.com/febtarinar

Alhamdulillah pasangan aku menyerahkan penuh soal tema, katanya setiap wanita punya dream wedding dan dia mengabulkannya, "sok mangga (silahkan) segimana kamu asal senang", uhuk melting.

So, finally kita berdua memutuskan untuk memakai konsep MINIMALISRUSTIC, INTIMATE yang SIMPLE dan KHIDMAT.

Nama wedding kita pun Rustic Intimate Wedding of Rara Firman.

2. VENUE, CATERING & BUDGET

Kalian harus melewati tahap memilih tema dulu sebelum pindah cari wedding venue. Awalnya kita pengen nikah di KUA aja, ngirit. Sisa uangnya kita bisa pake liburan sambil quality time karena kan kita LDR 3 tahun.

Tapi di sisi lain kalau kaya gitu kita gak bisa mempertemukan dua keluarga besar gituloh, akhirnya kita skip nikah di KUA.

Mimpi aku itu emang pengen banget nikah outdoor dan gak diem di pelaminan, jadi kitanya yang nyamperin keluarga gitu. Terus kita akhirnya nyari venue yang cocok sama tema kita.

Pilihan tempat venue outdoor kala itu adalah:

  • Tjendana Bistro
  • Kapulaga Bistro
  • Masjid Nurul Jamil Dago
  • Selaras Guest House 
  • Maja House
  • Puri Suryalaya
  • Bumi Sangkuriang
  • Maxi's Resto
instagram.com/febtarinar

Setelah melalui survey akhirnya kita memutuskan untuk memilih TJENDANA BISTRO. Tempatnya gak di dekor pun udah rustic yang garden fresh dan kalau di dekor tuh makin makin rustic banget gituloh. 

Venue ini tuh semi outdoor jadi masih ada bagian indoor yang nantinya kita pake jadi tempat akad, wah cocok banget kan.

Di Tjendana Bistro mereka jual makanan plus tempat, jadi catering wedding aku itu merangkap dari mereka, bonusnya tempatnya. PUAS BANGET, BAHAGIA.

Kenapa harus Tjendana Bistro, Ra?

instagram.com/febtarinar

Karena.....
  • Lokasinya dekat dari aku dan pasangan (lokasi ada di tengah-tengah tempat tinggal kita).
  • Makanannya enak banget, engga ada satupun yang gagal, bintang 5 dari aku super recommended!
  • Pelayanannya ramah, gila aku cocok banget sama Tjendana Bistro.
  • Ada area mushola dan tempat bermain anak.
  • Dapat beberapa bonus makanan & dessert.
  • Mengeluarkan makanan 100%.
  • Bantu dekor untuk item yang tidak dimiliki vendor decor.
  • Bayarnya boleh bertahap, asalkan mendekati mau menikah udah lunas.
  • Test food untuk 6 pax dan itu worth it banget, test food di sini aku sekalian rapat bareng WO dan semua vendor.
  • Harga sudah termasuk listrik, kebersihan, keamanan, pokoknya tau beres kecuali PPN.
  • Mereka punya dapur, jadi kalau makanan habis mereka bisa langsung masak dan reffil.
  • Super friendly sama dan very welcome.
  • Free sound system, tapi aku gak pake soalnya pake yang dari musik.
  • Waktu yang di berikan 6 jam, waktu itu aku start makeup di jam 5 pagi dan acara beres jam 2 siang (tapi aku pulang sekitar jam 4 sore).
  • Venue decor boleh ngedekor dari malam sebelumnya.
Pilihan paket menu dari Tjendana Bistro beragam start di Rp 120.000/pax - Rp 200.000/pax, ini khusus untuk tamu di bawah 300 orang (tamu di atas 300 orang beda lagi harganya).

Semuanya bisa banget on budget kalau misalkan kita menyesuaikan jumlah tamu dengan pax yang dipesan, menurut aku jangan memaksakan kemampuan. Kalau emang budget yang kita rencanakan hanya 300 yaudah 300 aja, jangan karena hanya gaenak atau takut di omongin jadi maksain buat undang 1000 tapi feelnya nanti gak dapet gitukan.

instagram.com/febtarinar

Baca juga Persiapan Pernikahan 1 - Cara Daftar Nikah Ke KUA

Aku juga mau kasih saran tentang 'kemampuan', jangan sampe kita kaya berhutang sana-sini hanya untuk memenuhi gengsi tapi nantinya kita bingung tinggal di mana. 

Kalau misalkan kita mampu ya it's okay, tapi kalau memaksakan jangan ya. Nanti kita mulai rumah tangga bukan di 0 tapi di minus karena harus membayar hutang, bukannya malah happy tapi pusing duluan.

Jangan gengsi atau malu kalau nikahnya sederhana, lebih baik uangnya kita investasikan ke tempat tinggal atau investasi lainnya, daripada kita habiskan sehari aja.

Cerita tentang persiapan pernikahan lainnya akan aku tulis lebih lanjut, so jangan lupa share tulisan ini buat teman-teman yang membutuhkan ya,. Untuk pertanyaan lebih lanjut hubungi aku di:

Instagram: @febtarinar (DM)
Email : rarafebtarina@gmail.com

Atau langsung aja tulis komentar di balas, semoga artikel ini membantu yaaaaaa.

Xoxo,

Rara Febtarina.

Post Comment
Post a Comment

Auto Post Signature