Top Social

Dukung Brand Lokal Asal Bandung Untuk Go International | Rara Febtarina

Friday, October 21, 2016
Press Conference & Soft Launching Product Bandung Local Brand Go International
Febtarinar.comBrand bagus tidak "melulu" produk luar negeri. Produk dalam negeri pun beragam macamnya dengan kualitas yang sebanding. Jum'at lalu (30/09/2016) brand local dari Bandung mengadakan acara Press Conference & Soft Launching Product Bandung Local Brand Go International di Clove Garden Hotel 



Brand yang mengadakan press conference adalah Moka Mula, Albis dan Ethica Fashion. Pada awalnya kolaborasi brand asal Bandung ini digagas oleh Indri dari Albis Design. Selama berkancah di industri kreatif ini, Albis sudah menjadi anggota dari komunitas Persatuan Pengusaha Muda Indoensia. Dari pihak Albis ingin melakukan kolaborasi branding dengan brand asal dari Bandung sendiri. Pelajaran yang patut kita teladani adalah, "bisnis bukan perkara tentang diri sendiri, melainkan bagaimana membawa Bandung ke mata dunia" jelas Indri. Setelah berkolaborasi dengan Moka Mula, Albis juga berkolaborasi dengan Malaysia Indonesia Corporate House (MICH), "Solat berjamaah pahalanya besar, makan botram saja lebih nikmat, maka bisnis pun juga begitu" tambah Indri. Penasaran tentang bagaimana design Albis, mari kita intip.


Albis Design 1


Albis Design 2

Albis Design 3


 Tidak hanya itu, Adelia Pasha ikut meramaikan acara tersebut, beliau selaku brand ambassador dari Albis Design ini mengatakan bahwa, "salah satu yang bikin saya hijrah adalah Teh Indri Albis, saya juga akan ikut merilis mukena dengan pouch. Ini adalah bentuk kerja sama kreatif dari saya dan Teh Indri". 



Pembicara dari Moka Mula adalah Diah. Moka Mula pada awalnya merupakan Pioneer Handphone Pouch Organizer (HPO). Moka Mula mulai fenomenal pada tahun 2003. Distribusinya penjualannya melalui sistem online.  yang unik dan handmade. Produk ini, sudah mulai merambah kancah internasional bersama Albis, sungguh kolaborasi yang luar biasa.

Read More  : Batik Trusmi

Diah from Moka Mula

Pembicara dari Ethica Fashion adalah Ikhsan Syaban. "Bandung memiliki 2 surga. Pertama, surga belanja dan kedua adalah surga kuliner. Namun, tidak semua brand asli Bandung dapat dikenaal atau booming di Bandung. Tapi, jika di bilang kami tidak bisa mengirim sumbangsih, sebenarnya kali ini sebagai pengusaha industri kreatif kami ini menjadi sumbangsih untuk jabar satu. Terima kasih kepada pemerintah kota Bandung yang sudah mendukung brand local untuk menembus pasar dunia" jelas Ikhsan. Penjelasan singkat dan padat ini, tentu menjadi pemicu bahwa brand local Bandung saja sudah didukung pemerintah, hanya tinggal dukungan dari masyarakat lokalnya agar mendukung produk lokal.

Ikhsan Syaban menjelaskan tentang Ethica Fashion

MICH itu apa ya? Mungkin untuk sebagian orang awam. MICH adalah Malaysia Indonesia Corporate House. MICH adalah yang membantu produk Malaysia untuk sampai di Indonesia. Pemerintah Indonesia sekarang lebih memfokuskan untuk mengekspor produk Indonesia ke Malaysia khususnya produk dari Bandung. Produk yang berasal dari Bandung yang sudah dibantu oleh MICH seperti Maicih dan Brownies Amanda. Mengapa harus terbentuk kerjasama antara Malaysia dengan Indoensia ? Karena, Malaysia mempunyai marketing yang bagus, sedangkan Indonesia memiliki produk yang berkualitas.

Gagasan nyata dari pemerintah Kota Bandung adalah dengan di bentuknya Little Bandung di Malaysia. Ini adalah sebuah kerja sama nyata agar memajukan produk lokal Bandung yang berkualitas tinggi.  Little Bandung ini di resmikan oleh Walikota idola kita Bapak Ridwan Kamil bersama Bapak Koperasi, dan dari pihak MICH ada Reginal sebagai inisiator. Little Bandung ini sudah memiliki outlet resmi di Malaysia, orang Bandung pasti akan bangga dengan ini. Barang-barang yang akan ditampilkan di Little Bandung harus melawati uji produk yang sangat tinggi. Karena, tidaklah mungkin bahwa kita memasarkan produk yang sembarangan tanpa memperhatikan kualitas.


Dukungan go international juga di dukung oleh Mahameru selaku pihak dari  Wonderful Indonesia Display. Wonderful Indonesia ini memang baru berdiri, namun sudah menginisiasi fashion show  di 15 negara salah satunya di New York Fashion Week. WID juga sudah bisa membawa fashion dari mulai Dubai hingga New York.

Perwakilan dari pemerintah yang datang pada acara ini adalah Lina. Lina menjelaskan, "perwakilan saya disini adalah sebagai pengganti Ibu Atalia Kamil yang berhalangan hadir dikarenakan sakit. Berbicara mengenai entrepreneur muda, ada komunitas di Bandung Entrepreneur Muda Bandung (EMB) dimana disitu merupakan wadah pengusaha-pengusaha muda  dimana sudah beranggotakan 100.000 pengusaha mudah Bandung". Pada tanggal 30 Oktober mendatang, EMB akan berangkat ke eropa dan berjalan ke 9 negara. Lalu terbang ke Baghdad, EMB minta dukungan agar kita terus mendukung apa yang dilakukan pemerintah demi mewujudkan program pemerintah Kota Bandung.
Post Comment
Post a Comment

Auto Post Signature